Seiring
berjalannya waktu yang membuat bertambahnya kebutuhan penunjang hidup manusia,
maka dari itu berkembang pula-lah bermacam-macam produk kebutuhan sekunder
bahkan premier manusia. Dari berbagai macam produk tersebut, kita harus bisa
memilah dan memilih produk apa saja yang benar-benar dibutuhkan untuk diri
kita. Ada tiga jenis brand, yang pertama adalah monolithic. Monolithic adalah sebuah produk yang berdiri sendiri.
Nama perusahaan dan nama produk yang ditawarkan sama, dan biasanya hanya berbeda
di typenya saja. Lalu yang kedua adalah endorsed.
Biasanya endorsed ini berisi beberapa produk yang ditampung oleh sebuah
perusahaan yang mengelolanya. Dan yang terakhir adalah branded. Branded adalah tipe yang terakhir, biasanya dalam sebuah
perusahaan, ada beberapa produk yang sejenis namun berbeda merk. Namun mereka
tetap bersaing di publik.
Untuk
perawatan rambut, saya memilih produk Pantene (Produk ini masuk ke dalam
type branded karena unilever
sendiri memiliki produk sejenis yaitu head n shoulders, dan keduanya sama-sama
bersaing dengan iklan yang berbeda dan penjualan yang berbeda. Mungkin beberapa
orang belum menyadari kalau kedua produk ini ada dalam satu perusahaan ‘unilever’). Mengapa saya memilih
pantene untuk perawatan rambut saya? Karena dibandingkan produk yang lain, pantene
memang sesuai dengan janji yang ditawarkan iklannya. Mungkin kandungan di
dalamnya yang membuat pantene beda dengan sampo dari produk lainnya. Kemasannya
juga yang terlihat simple membuat saya tertarik dengan desain sampulnya. Setahu
saya, produk dari unilever memiliki kualitas yang baik.
Untuk kendaraan
pribadi, saya memilih untuk menggunakan motor matic yaitu Honda spacy. (produk ini
masuk ke dalam type monolithic , karena
apapun produk yang dijual Honda pasti menjelaskan nama perusahaannya terlebih
dahulu. Seperti Honda spady, Honda jazz, dll. Dan produk yang saya pilih ini
berasal dari perusahaan ‘Honda’).
Lalu apa alasan saya memilih Honda untuk menjadi kendaraan pribadi saya?
Menurut saya Honda adalah kendaraan yang cukup irit dan relative semua orang
menggunakannya. Desain bentuknya yang membuat saya nyaman dan tidak terlalu
berlebihan juga menjadi alasan saya mengapa memilih produk ini. Produk Honda juga
banyak dipakai oleh banyak orang, mulai dari lapisan masyarakat berstatus C
sampai A+. Mesinnya yang halus juga menjadi alasan mengapa sampai saat ini
honda masih juara di Indonesia.
Produk
makanan (mi instan) yang paling saya suka adalah indomie (Produk ini masuk
ke dalam type endorsed karena
berasal dari perusahaan ‘Indofood’,
dan Indofood telah membuat banyak produk makanan selain indomie, seperti saos
Indofood, dll. Mengapa endorsed? Karena semua produk ini berasal dari satu
perusahaan dan tidak memiliki saingan produk di dalam ruang lingkup perusahaan
itu sendiri). Nama indomie sangatlah besar, bahkan sudah mencapai mancanegara
karena rasa dari mie instan itu sendiri yang pas di lidah orang Indonesia dan
porsi mie yang cukup dengan perut orang Indonesia. Hal itu lah yang membuat
saya memilih produk mie instan indomie sebagai satu-satunya mie instan favorit
saya. Berdasarkan harga, rasa, dan porsi yang cukup untuk ukuran orang
Indonesia.
Dan yang
terakhir produk yang saya pakai untuk sim card HP saya adalah simpati,
yang berada di bawah perusahaan telkomsel. (simpati adalah type branded. Karena di bawah naungan
‘telkomsel’, ada kartu AS. Jadi
dalam satu perusahaan, telkomsel memiliki dua produk yang sama namun dalam merk
yang berbeda dan pengiklanan yang berbeda di publik). Mengapa saya memilih
simpati untuk menjadi kartu sim HP saya? Karena simpati di daerah saya tinggal
memiliki jaringan yang baik dan paling banyak menara untuk mengirimkan sinyal
di seluruh Indonesia.
thanks for reading :)